gilaorganic

Daging penghasil utama emisi gas?? Oktober 13, 2008

Filed under: info organik — gilaorganic @ 12:25 am
Tags: ,

Pada November 2006, PBB telah merilis laporan mengejukan yang berhasil membuka mata dunia bahwa ternyata 18% dari emisi gas rumah kaca datang dari aktifitas pemeliharaan ayam, sapi, babi, dan hewan-hewan ternak lainnya.

Di sisi lain, mobil, sepeda motor, truk-truk besar, pesawat terbang, dan semua sarana transportasi lainnya hanya menyumbang 13% emisi gas rumah kaca.

Bayangkanlah kenyataan ini: Ternyata penghasil utama emisi gas berbahaya yang mengancam kehidupan planet kita saat ini bukanlah mobil, sepeda motor, ataupun truk dan bis dengan polusinya yang menjengkelkan Anda. Tetapi emisi berbahaya itu datang dari sesuatu yang nampaknya sederhana, tidak berbahaya, dan nampak lezat di meja makan Anda. Yaitu daging!

Mungkin bagi Anda hal ini sangat berlebihan. Tetapi ketahuilah bahwa laporan ini bukan dirilis oleh sekelompok ilmuwan paranoid yang tidak kompeten, ataupun peneliti dari tingkat universitas lokal. Laporan ini dirilis langsung oleh PBB melalui FAO (Food and Agriculture Organization).

Tentu agak sulit membayangkan bagaimana mungkin seekor anak ayam yang terlahir dari telurnya yang begitu rapuh, yang terlihat begitu kecil dibanding luasnya planet ini, bisa memberikan pengaruh yang begitu besar pada perubahan iklim. Jawabannya adalah pada jumlah mereka yang luar biasa banyak. Amerika Serikat saja menjagal tidak kurang dari 10 milyar hewan darat setiap tahunnya. Bayangkan berapa banyak jumlahnya bila digabungkan dengan seluruh dunia.

 

7 Responses to “Daging penghasil utama emisi gas??”

  1. bagus al haqq Says:

    bener jugaaa yaa

  2. Raka Says:

    gk disangka dan di duga , serem juuga yach …

    hal yg kita tidak pernah amati ternyata menjadi ancaman !!!!

  3. Cakra Says:

    klo menurut saya sih,, segala sesuatu yg berlebihan pastinya bakal jd jelek🙂

  4. johanis Says:

    @ all

    pesan yg disampaikan antara lain: “hindari daging,, jadilah vegetarian!”
    begitulah..
    hehe.. selebihnya kembali ke diri kalian masing2..

  5. ferbuz Says:

    bos sumber datanya darimana kalau boleh tau ( link ), jadi penasaran nih.

    nice post as always :thumbsup:

  6. johanis Says:

    @buzz
    kebetulan yg ini referensinya dari buku, itu aj minjem temen..
    ntar deh, aq cariin linknya, kali aj ad..

  7. dennyekop Says:

    aku masih penasaran, kok bisa ngeluarin gas yah? gas beracunn pula, pas lagi apa daging bisa memberikan polusi?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s