gilaorganic

Cara benar mendapatkan makanan sehat / organik Oktober 19, 2008

Filed under: info organik — gilaorganic @ 1:43 am
Tags: , ,

Pilihlah ”makanan organik” yang tidak tercemar oleh bahan kimia, racun serangga, bahan pengawet, bahan tambahan dan lain-lain. Hindari makanan bukan organic. Asal anda tahu saja, belum tentu makanan organic yang biasa anda temui di toko organic itu 100% alami. Karena beberapa ladang organic di Indonesia masih belum memperhatikan tentang pencemaran tanah, udara hingga proses produksi.

Memangnya ada makanan organic yang tercemar?Tentu saja ada, makanan yang disebut organic tidak saja bebas dari bahan kimia, tetapi dilihat dari jenis ladang, awal proses penanaman, perawatan, hingga proses produksinya harus benar-benar alami.

Memang tak bisa dilihat secara kasat mata, mana yang sehat alami dan mana yang tercemar. Pun juga efek negatifnya tidak bisa langsung dirasakan dalam jangka waktu singkat. Tapi alangkah baiknya jika kita lebih awas terhadap apa yang akan masuk ke dalam tubuh kita. You are what you eat. Apa yang kita rasakan saat ini adalah hasil dari apa yang kita makan sebelumnya. Segala penyakit dari yang paling sepele pun adalah akibat dari pola makan yang salah. Sekali lagi, organ tubuh kita lah yang pertama kali harus dibenahi. Tentu saja dengan pola makan sehat (apalagi organic).

Makanan kita harus dipilih dengan teliti. Daging yang berlainan hendaklah dibersihkan dan dimasak menurut waktu dan cara tertentu untuk menghindari keracunan makanan. Sebaiknya makan lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran segar.

Makanan sehat yang seimbang harus banyak mengandung zat, rendah lemak, gula, garam, dan kolesterol. Sebaiknya makan makanan yang tidak diproses.

Beberapa tips untuk menyediakan makanan sehat:
1. Buang lemak yang berlebihan sebelum dan sesudah memasak daging.
2. Hindari cara menggoreng. Lebih baik merebus (engan seikit cairan), membakar atau memanggang.
3. Gantikan garam dengan bumbu-bumbu. Coba tambahkan jus jeruk ke dalam sayuran. Hindari bahan perasa.
4. Kurangi pewarna tiruan, garam atau gula.
5. Jangan makan lemak kental yang berasal dari daging atau keju. Semua jenis lemak meningkatkan resiko kanker usus besar dan kanker payudara. Hati hewan dan telur berkolesterol tinggi dan mungkin menyebabkan penyakit jantung.
6. Pilihlah buah-buahan segar sebagai makanan ringan untuk menggantikan kue-kue yang sarat dengan ”kalori kosong”.
7. Hindari makanan yang diproses seperti sosis, ham, bacon dan lain-lain karena makanan tersebut banyak mengandung bahan tambahan.

Biar lebih jelas, pada post selanjutnya akan saya bahas mengenai klasifikasi makanan. PBB melalui OUNFA telah mengklasifikasi makanan ke berbagai jenis kelas. Dari kelas kovensional hingga kelas organic sempurna. Selain itu akan saya tulis juga rekomendasi jenis makanan organic apa yang terbaik dan paling bisa dipercaya saat ini pada posting berikutnya.

 

19 Responses to “Cara benar mendapatkan makanan sehat / organik”

  1. Keenan Says:

    boleh juga tipsnya

  2. FreaK Says:

    Keren..

    Uda Tw Apa Yg Mw Dipostin Selanjutny..

    Wkwkwk..

    ..

    ^_^

  3. Frostmourne Says:

    Hmmm..

  4. ezZa Says:

    nice info gan…

    makan buah gwa yg jarang klo lagi jauh sama ortu…

    hehehhe…

  5. CEMOLEX Says:

    EMANG SKRG PALING SUSAH DAPATIN MAKANAN YG BENAR2 SEHAT… BISA DAPATIN YG AGAK SEHAT AJA DAH BERUNTUNG…. KALO PAS APES YA DAPATNYA DAGING GLONGGONG AMA AYAM TIREN….. WIII… NGERI BUANGETT…

  6. Rofi Says:

    heheheeh bener2 sehat gak nih… yg ngeposting sehat gak nih hahahaha

  7. Raka Says:

    memang makanan organic memang membuat kita sehat……

    tapi kenapa makanan organic selalu mahal harganya?

    sperti buah & sayur , coba sayur yg organic pasti harganya lebih mahal ?

    kenapa mau sehat harus mahal?

  8. Endonezya Says:

    Saya setuju sama yang raka bilang…. Kenapa mesti mahal?

  9. johanis Says:

    @ raka & enoneszya:

    ok2, pertanyaan bagus,
    kenapa sehat itu mahal?
    tapi akan lebih mahal lagi jika akhirnya kita jatuh sakit. Sebenarnya harga makanan organic tersebut sudah setara dengan fungsinya untuk kesehatan tubuh, dibanding dengan makanan biasa/tidak organic, atau bahkan jika dibandingkan biaya berobat ke dokter.
    Tapi, ga semua makanan organic mahal koq, skrg saya lagi bikin artikel ttg toko2 organic yang murah d indonesia,, jdi ikutin terus info2nya d sini aj y..

    @ rofi
    ya iyalah!! xp

  10. Mbah Jack Says:

    info bagus, untung mbah jack tinggalnya didesa nich, masih alami2 lah, sebagian nanam sendiri

  11. indah88yuni Says:

    iya ya…bener juga…makanan pokok kayak nasi aja udah nggak sehat kalo udah dicampur pemutih dan pewangi seperti Pandan Wangi. Kalo terus-terusan terakumulasi kan bahaya juga…cuma kita aja yang nggak sadar…multiple causative.

  12. adinata Says:

    kalo buah-buahan mending langsung simpet di perut aja, sueger …

  13. dije kesasar Says:

    nice tips, bagus menuju sehat

  14. dugem Says:

    fasih banget, bagus deh infonya

  15. onlybona Says:

    Mau sehat kok mahal???

    Ehmm.. klo yang saya tonton di TV(TVRI klo gak salah..Hehehehe..Masih jaman yah :D) sebenernya harga sayuran organik itu gak begitu malah klo kita beli langsung dari petaninya. Yang bikin mahal karena sayuran organik yang nyampe ke kita udah tangan ke sekian. Banyagin aja dari petani ke tengkulak ke distributor barulah ke konsumen(kita,red). Nah para petani juga lagi mengupayakan supaya proses penjualan bisa didekatkan ke kita. Supaya bisa hidup sehat tapi gak mahal.. hehehe.. Jadi kita tunggu tindakan pemerintah yang menjebatani hal itu.

    Nice post.. Keep blogging.. ^-^

  16. andaiscool Says:

    thx yaaaa… Bwt tips”nya! dpt dri mna??

  17. Nurwita Site Says:

    bagus juga

  18. luxboy Says:

    emang jaman sekarang susah ngedapetin makanan alami.
    yah mau gmn lagi…

    btw salam kenal yah🙂

  19. rusakparah Says:

    meski susah tapi setidaknya kita harus berusaha untuk mendapatkannya… betul tidak?? hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s